{{ date }}
{{ time }}
Semarang, Indonesia

Perbedaan TrueType Font (TTF) dan OpenType Font (OTF)

Ketahui Perbedaan dari TrueType Font (TTF) dan OpenType Font (OTF)
Wajib Tahu Perbedaan TrueType Font dan OpenType Font
Perbedaan TrueType Font (TTF) dan OpenType Font (OTF)

Saya sering mengunduh font di situs dafont, dan setelah mendownload terkadang ada dua file font berformat berbeda, TTF dan OTF.

Dulu saya jarang menemukan yang OTF, ketika ketemu keduanya lebih sering pilih TTF karena waktu itu saya kurang paham perbedaannya dari ke 2 format tersebut.

Mungkin untuk orang biasa hal tersebut tidaklah penting.

Tapi tahukah kalian kalau jenis-jenis font .ttf dan .otf tersebut akan berdampak pada hasil?

Para Desainer Grafis Pro pasti sudah tau akan hal ini.

Tapi untuk saya atau kalian, tidak ada salahnya untuk belajar sedikit tentang hal ini.

Saya akan menjelaskan sedikit dan jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang font dari sejarah sampai perkembangannya, kamu bisa menemukannya di Wikipedia.

TrueType Font (TTF)



acrezyblog.blogspot.com

TrueType Font ini adalah font standar untuk OS Windows serta produk-produk Microsoft seperti Microsoft Office, juga program-program dibawah naungan Windows lain kecuali produk Adobe.

Tidak seperti PostScript Font yang memiliki dua jenis font yang terpisah (Screen Font & Print Font), jenis font TrueType ini hanya memiliki satu file yang termasuk didalamnya font Bold, Italic, dan Bold Italic.

Sementara pada PostScript font, semuanya terpisah pada file tersendiri

Inilah font yang paling banyak terinstall pada komputer sekarang. Jadi jika kalian membutuhkan font yang mudah digunakan dan mudah di-print dengan hasil yang baik, font ini sudah lebih dari cukup untuk kalian gunakan.

OpenType Font (OTF)



acrezyblog.blogspot.com

OpenType ini adalah jenis paling baru (sampai saat ini) yang dibuat dan dikembangkan antara Microsoft dan Adobe . Jenis font ini adalah pengembangan paling terakhir (untuk saat ini) dari kedua jenis font lain di atas. Mirip seperti halnya TrueType Font. OpenType Font ini hanya memiliki satu file yang sudah mencacup keseluruhan font, termasuk Bold, Italic, dan Bold Italic.

Perbedaannya adalah varian jenis karakternya. Varian Jenis karakter ini jauh lebih variatif dan lebih lengkap dibandingkan kedua jenis font sebelumnya. Di dalam satu buah file OpenType Font, terdapat juga Expert Character Set seperti ligatures, smallcaps, extra accent, pecahan, dan Special Character lainnya yang tidak dimiliki oleh font TrueType dan PostScript.

Jika kalian ingin menggunakan set karakter yang lebih variatif dan lengkap, misalnya untuk penggunaan tanda baca khusus dalam suatu bahasa. Ataupun untuk keperluan Desain yang menuntut penggunaan Special Character yang lengkap, maka font jenis ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Nah udah tahukan apa perbedaan dari TTF dan OTF? kalo saya sih untuk kebutuhan pakai keduanya hehe..

Sekian info yang bisa saya berikan mohon maaf jika ada kesalahan.

Semoga bermanfaat bagi kalian dan terima kasih telah mampir disini, sampai jumpa.

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan benar.
3. Jangan SPAM.
4. Pengunjung yang baik akan meninggalkan komentar.