{{ date }}
{{ time }}
Semarang, Indonesia

Bitwarden – Layanan Pengelola Kata Sandi Gratis Open Source

Review "Bitwarden" sebuah layanan pengelola kata sandi gratis dan bersumber terbuka
Bitwarden – Layanan Pengelola Kata Sandi Gratis Open Source
Bitwarden – Layanan Pengelola Kata Sandi Gratis Open Source


Bitwarden adalah solusi aplikasi open source yang aman untuk menyimpan semua kata sandi Anda yang menawarkan beragam fitur dengan harga terjangkau. Ia menawarkan enkripsi yang kuat, audit kata sandi, pemantauan pelanggaran, dan otentikasi dua faktor. Pengelola kata sandi ini menyimpan semua kredensial Anda dalam brankas terenkripsi yang dilindungi oleh kata sandi utama.

Meskipun Bitwarden mengikuti arsitektur zero-knowledge encryption dan menawarkan beberapa fitur bagus, Bitwarden memiliki kekurangan di beberapa area. Fitur pengisian otomatis sangat merepotkan dan tidak aman untuk digunakan, dan layanan ini menyimpan data di negara yang termasuk dalam aliansi pengawasan. Ditambah lagi, ini telah dibobol sebelumnya, sehingga meningkatkan kekhawatiran keamanan.

Namun, bisakah Bitwarden menjadi pengganti yang valid untuk beberapa pengelola kata sandi terbaik yang ada?

Lanjutkan membaca untuk mengetahui segala sesuatu tentang layanan ini.

Plus dan minus Bitwarden
Hal-hal yang kami sukai:
  • Enkripsi AES-256
  • Infrastruktur Zero-knowledge
  • Pembuat kata sandi
  • Utusan file terenkripsi
  • Versi gratis terbatas
  • Dapat dihosting sendiri
  • Kompatibilitas yang luar biasa
  • Harga sangat murah mulai dari $0,83/bulan
Hal-hal yang tidak kita sukai:
  • Aplikasi desktop memiliki sedikit fitur
  • Data disimpan di negara yang tergabung dalam aliansi 5-Eyes
  • Pengisian otomatis tidak aman dan tidak selalu berfungsi dengan lancar
  • Hanya penyimpanan terenkripsi 1GB untuk pengguna premium
  • Tidak ada cadangan otomatis


Bitwarden Overview



Bitwarden adalah alat manajemen kata sandi sumber terbuka yang agak sederhana namun aman yang memungkinkan Anda membuat, menyinkronkan, mengelola, menggabungkan, dan membagikan semua kata sandi Anda. Bitwarden menerapkan enkripsi AES-256 yang kuat, 2FA, arsitektur Zero-knowledge, dan keamanannya diaudit secara rutin oleh perusahaan dan peneliti pihak ketiga.

Anda juga bisa mendapatkan berbagai paket yang dihosting di cloud atau dihosting sendiri, langganan hemat anggaran, dan bahkan opsi untuk memiliki akun gratis dengan kata sandi dan perangkat tak terbatas.

Apakah Bitwarden Aman?



Bitwarden adalah layanan aman yang menggunakan enkripsi AES 256-bit untuk mengamankan data Anda. Ini adalah sandi yang digunakan oleh organisasi pemerintah serta bank, untuk memastikan standar keamanan tertinggi. Bitwarden juga menjamin keamanan berkat variasi otentikasi dua faktor dan arsitektur zero knowledge.

Berikut pandangan lebih mendalam tentang semua yang ditawarkan Bitwarden dalam hal keamanan dan privasi:
  • Enkripsi. Bitwarden menggunakan sandi enkripsi AES-256 canggih yang dikenal dengan keamanannya yang tidak dapat dipecahkan. Belum lagi ia juga menerapkan arsitektur tanpa pengetahuan, artinya Anda adalah satu-satunya orang yang akan memiliki akses ke kata sandi Anda.
  • Audit. Bitwarden lulus audit keamanan pihak ketiga secara menyeluruh oleh Cure53 pada bulan November 2018 dan mencantumkan tindakan yang akan mereka ambil untuk mengatasi kerentanan. Layanan ini juga telah menyelesaikan penilaian keamanan dan uji penetrasi oleh firma audit Insight Risk Consulting, yang tidak mengidentifikasi masalah keamanan besar.
  • Otentikasi multi-faktor. Pengelola kata sandi ini hadir dengan beberapa metode otentikasi. Yang tradisional dan paling umum digunakan termasuk email dan aplikasi otentikasi. Pengguna premium juga dapat menggunakan YubiKey, FIDO2, atau Duo.
  • Otentikasi biometrik. Anda dapat menggunakan Face ID atau Touch ID untuk masuk dengan cepat ke brankas Bitwarden Anda tanpa harus memasukkan kata sandi utama setiap saat.

Meskipun ada banyak langkah keamanan yang ditawarkan Bitwarden, Bitwarden tidak memiliki pencadangan otomatis dan fitur pengisian otomatisnya tidak aman dan dapat dieksploitasi. Ditambah lagi, sebagaimana dinyatakan dalam Ketentuan Layanan mereka, Bitwarden berlokasi di Amerika Serikat, yang merupakan bagian dari aliansi intelijen 14-Eyes.

Apakah Bitwarden Telah Diretas?



Tidak, tidak ada pelanggaran atau peretasan keamanan Bitwarden. Namun, perlu dicatat bahwa laporan penelitian oleh FlashPoint dirilis pada Maret 2023, yang menemukan bahwa fitur pengisian otomatis Bitwarden menunjukkan perilaku berbahaya. Hal ini dapat mengakibatkan iframe berbahaya mencuri kredensial pengguna meskipun mereka tertanam di situs yang sah.

Tentu saja, selalu ada kemungkinan untuk memulai serangan rekayasa sosial atau menginstal keylogger ke PC Anda melalui malware – tidak ada sistem yang sepenuhnya aman dari kesalahan manusia. Namun, jika peretas mencoba mengetahui kata sandi utama Anda, jika Anda mengaktifkan 2FA, dia juga memerlukan kode 2FA Anda.

Singkatnya, jika Anda tidak menggunakan fitur pengisian otomatis, ada terlalu banyak rintangan yang harus dilewati penyerang agar serangan berhasil pada brankas Anda. Selama kata sandi utama Anda unik dan cukup kuat, Anda bisa tenang jika kata sandi Anda jatuh ke tangan yang salah.

Fitur Keamanan Bitwarden



Bitwarden menggunakan arsitektur keamanan yang kuat untuk melindungi data sensitif Anda. Pendekatannya yang berlapis-lapis mencakup enkripsi yang digunakan oleh bank dan lembaga pemerintah di seluruh dunia, autentikasi dua faktor, dan audit keamanan rutin untuk memastikan kata sandi Anda tetap tidak dapat ditembus. Audit ini menunjukkan dedikasi Bitwarden untuk mempertahankan standar keamanan tertinggi.

Selain itu, Bitwarden menerapkan arsitektur zero knowledge. Ini berarti server Bitwarden tidak menyimpan kata sandi utama Anda atau data apa pun yang tidak terenkripsi di brankas Anda.

Aplikasi dan Ekstensi Bitwarden



Salah satu hal terpenting saat memilih pengelola kata sandi adalah kompatibilitasnya dengan perangkat dan browser. Lagi pula, pengelola kata sandi biasanya digunakan di banyak gadget.

Dalam hal pengaturan, Bitwarden sangat sederhana dan cepat untuk digunakan. Yang harus Anda lakukan hanyalah membuat akun, dan Anda siap melakukannya. Kecuali Anda memilih untuk mendapatkan ekstensi browser juga.

Dalam hal kompatibilitas, Bitwarden mendapat nilai tambah yang besar. Sangat bagus bahwa pengembangnya memikirkan hal ini sebelumnya dan tidak mengunci platform apa pun.

Apakah Bitwarden Layak?



Bitwarden adalah salah satu pengelola kata sandi sumber terbuka paling tepercaya yang bagus untuk penggunaan pribadi dan bagus untuk organisasi. Ia menawarkan versi gratis yang komprehensif dan paket premium yang terjangkau serta memiliki semua yang diperlukan untuk mengamankan dan membagikan kredensial Anda.

Namun, fitur pengisian otomatis Bitwarden bukanlah solusi terbaik yang dapat ditawarkan oleh pengelola kata sandi. Tidak ada opsi pengisian sekali klik, karena Anda harus mengakses semuanya melalui ekstensi browser. Selain itu, aplikasi desktop tidak senyaman aplikasi tersebut karena tidak menawarkan fitur sebanyak aplikasi web.

Ulasan Bitwarden kami menunjukkan bahwa ada banyak hal yang dilakukan pengelola kata sandi ini dengan baik, namun masih banyak ruang untuk perbaikan.

Sumber: https://cybernews.com/best-password-managers/bitwarden-review/
OlderNewest

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan benar.
3. Jangan SPAM.
4. Pengunjung yang baik akan meninggalkan komentar.